Polda Jatim Siap Amankan Laga Leg Kedua Final Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan

Polda Jatim Siap Amankan Laga Leg Kedua Final Piala Presiden di Stadion Kanjuruhan – Sekitar 3.000 personil paduan di deretan Polda Ja-tim dapat di turunkan buat mengamankan pertandingan leg ke-2 final Piala Presiden 2019. Yaitu pada Arema FC menantang Persebaya di Stadion Kanjuruhan Malang.

Kabid Humas Polda Ja-tim Kombes Pol Frans Barung Mangera menyampaikan, dalam pertandingan leg pertama di Gelora Bung Tomo Surabaya, pengamanan dilaksanakan Polrestabes Surabaya. Yg lalu dibantu Polres Sidoarjo, Mojokerto, Gresik, Polda Ja-tim.

Sesaat buat di Malang, sebagian besar personil diturunkan dari deretan Polda Ja-tim yg ada di Malang Raya. “Bila besok itu Malang Raya, Polres Malang Kabupaten, Malang Kota beserta Batu serta Pasuruan itu dapat dibantu dengan Polda serta Brimob disana. Disana kan ada Batalyon Brimob,” kata Barung di Mapolda Ja-tim Jalan Ahmad Yani Surabaya, Rabu (10/4/2019).

Berkaitan pengurangan personil dari 3.500 jadi 3.000, menurut Barung itu sesuaikan jumlahnya personil di Malang. Diluar itu, pihak kepolisian pun pertimbangkan kemampuan Kanjuruhan yg tdk sebesar Stadion Gelora Bung Tomo.

“Kita dapat kurangi jadi 3.000 personil. Personil disana kan lebih dikit. Direncanakan Bapak Jokowi akan tiba berperan selaku presiden,” papar Barung.

Dalam leg pertama, Panpel Persebaya jual 50 ribu ticket. Sesaat di leg ke-2, Panpel Arema cuma jual 42 ribu ticket.

“Kemampuan tdk sebesar di GBT bermakna kita dapat menyertakan personil sesuai sama stadion yg ada kapasitasnya bila tidak salah 40 ribu. Mereka dipagari pun siapa yg gak miliki ticket gak bisa masuk,” ujarnya.

Disamping itu, Barung pun mengimbuhkan mekanisme pengamanannya gak jauh berlainan dengan yg di GBT. Dimana beberapa pemain dapat diangkut kendaraan taktis atau rantis.

“Konsisten kita peraturan sama yg tdk miliki ticket tdk bisa masuk. Semua konsisten tentu gunakan rantis,” tangkisnya.