Keris Dhapur Pasopati Khusus Dibuat oleh Empu Totok Brojodiningrat untuk Prabowo

Keris Dhapur Pasopati Khusus Dibuat oleh Empu Totok Brojodiningrat untuk Prabowo – Calon presiden 02 Prabowo Subianto dikasih keris dhapur pasopati kala berkampanye di Stadion Sriwedari, Solo, ini hari. Keris itu privat dibikin oleh Empu Totok Brojodiningrat untuk Prabowo.

Dalam peluang itu, Empu Totok berikan langsung keris pada Prabowo. Keris yang dinamakan Garudha Yaksa itu lantas dipamerkan Prabowo pada pendukungnya.

“Empu-empu dari orang perkerisan Indonesia pingin menyerahkan keris pada saya. Ini namanya Garudha Yaksa,” kata Prabowo sembari terima keris, Rabu (10/4/2019).

Kelihatan keris itu lurus atau tiada luk. Keris itu lantas dimasukkan kembali ke warangka atau wadah keris.

Terpisah, Empu Totok menerangkan arti nama Garudha Yaksa. Garudha atau Garuda adalah simbol pembebasan dari penindasan yang adalah lambang pada Candi Cetho di Karanganyar.

“Bila Yaksa itu dapat bermakna besar, dapat perkasa, dapat kuat,” kata Totok kala dihubungi.

Keris dibikin privat untuk Prabowo sepanjang seputar empat bulan. Menurut dia, keris itu ekslusif lantaran dibikin dari beberapa bahan yang menyebar di nusantara.

“Pasir besinya dari daerah-daerah, seperti sungai musi. Lantas air yang dimanfaatkan pun dari pelbagai daerah di Indonesia,” tuturnya.

“Lantas pada ritual paling akhir, kala masukkan kekuatan alam, kita memakai air dari sumber mata air purba Gunung Lawu,” ujarnya menyambung.

Mata air yang ada di Wonogiri itu, menurut dia adalah tempat banyak pemimpin era dulu mendapat wahyu kepemimpinan. Ia menyebutkan raja-raja di tanah Jawa, seperti Airlangga sampai Panembahan Senopati.

“Jadi lewat keris ini kami menyimpan angan-angan biar Pak Prabowo dapat pimpin negeri ini dengan baik,” katanya.